Being a Good Leader “?”

Sekarang banyak Pemimpin Bangsa yang bekerja dengan mengabaikan arti seseungguhnya menjadi pemimpin. Mereka memimpin dengan arogan, mengedepankan kepentingan sendiri serta keinginan besar untuk menguasai (serakah). Jadi tidak heran jika banyak pemimpin yang akhirnya menyimpang, seakan akan lupa misi utama yaitu bekerja demi kemajuan dan kebahagiaan bangsa.

Langkah awal menjadi pemimpin yang baik adalah mampu membenahi hal hal kecil. Satu satunya penaklukan permanen yang tidak meninggalkan rasa penyesalan adalah menaklukan diri sendiri, jangan pernah berusaha menaklukan dunia sebelum anda membereskan hal hal kecil dalam diri anda. Mulailah dari hal yang dianggap perlu, kemudian kerjakan yang bisa dikerjakan dan perlahan anda dapat mengerjakan hal hal yang tidak mungkin anda kerjakan.

Menjadi pemimpin juga harus konsisten dalam berkata kata, terutama dalam memberikan tugas kepada tim dibawahnya. Kekonsistenan ini yang akan membawa kepada hasil maksimal. Komunikasi yang baik dengan pihak pihak yang terlibat terutama tim anda, mereka perlu tau bahwa mereka memberikan kontribusi penting dalam pencapaian sasaran yang sudah ditargetkan dari perusahaan. Komunikasi yang baik, antara atasan dan bawahan dapat menjadi energi positif dalam tim sehingga muncul rasa kebersamaan dalam mencapai tujuan.

Seorang pemimpin harus mengerti cara memperlakukan orang lain dan cara anda memandang sesama merupakan cermin dari diri anda sendiri. Bersikaplah sopan terhadap anak buah, maka anda akan membawa keselarasan bagi organisasi secara keseluruhan. Pemimpin harus mengetahui terkait prioritas dan konsentrasi. Pemimpin yang mengetahui prioritas tapi kurang konsentrasi, hanya tau apa yang harus dikerjakan tetapi tidak dapat menyelesaikannya. Pemimpin yang tidak mengetahui prioritas tapi memiliki konsentrasi penuh, dapat menyelesaikan tugas tetapi tanpa kemajuan. Namun jika pemimpin menggunakan keduanya maka ia berpotensi mencapai hal hal besar.Berfokuslah pada kekuatan anda dan kembangkan!

Pemimpin harus terus berfikir kedepan berkaitan dengan visi secara keseluruhan: Apa saja yang perlu dilakukan? Apa saja yang dapat memberikan imbal hasil terbesar? Apa saja yang dapat mendatangkan penghargaan terbesar?

Orang yang mampu menarik orang lain untuk mendekat adalah mereka yang berfokus pada orang lain bukan pada diri mereka sendiri. Mereka mengajukan pertanyaan pertanyaan tentang orang lain, mereka mendengarkan, mereka tidak berusaha menjadi pusat perhatian dan mereka tidak pernah berpura pura sempurna. Sudahkan anda meluangkan waktu anda untuk mendengarkan orang lain dan membiarkan diri anda terkesan?

Ini sebagian tips dari saya untuk menjadi pemimpin yang baik, sumber informasinya dari buku buku yang saya baca, teman teman yang diajak berdiskusi dan secuil pengalaman pribadi saya yang masih belajar menjadi seorang pemimpin, perlahan tapi pasti.

“Pemimpin adalah penyalur harapan, semoga jika kita diberikan amanah menjadi seorang pemimpin oleh Allah SWT kita mampu menjadi pemimpin yang baik”

Leave a comment